Monday 8 October 2012

Demi buat Robot, Ilmuwan Pelajari Otak Lebah

Para ilmuwan ini dikabarkan ingin menciptakan model dari sistem otak lebah yang mampu mengendalikan penglihatan dan penciuman.
Dari hal tersebut, para ilmuwan berharap bisa membangun sebuah robot terbang yang dapat menjalankan instruksi-instruksi tanpa harus diprogram terlebih dahulu.
Para peneliti dari University of Sheffield dan University of Sussex di Inggris, kini bekerjasama untunk membangun dengan intelegensi buatan yang kompleks seperti hewan.
Para ilmuwan juga menyatakan bahwa jika memungkinkan, robot-robot tersebut juga bisa memiliki 'penciuman' untuk mendeteksi jenis-jenis gas.
"Pengembangan dari otak buatan saat ini merupakan tantangan terbesar dalam dunia sains," ujar Dr. James Marshall dari University of Sheffield, yang juga merupakan pimpinan dari penelitian tersebut, seperti dilansir oleh PCWorld.
Menurut Marshall, pihaknya menggunakan akselerator GPU, yang didonasikan oleh Nvidia Corp. untuk memperlihatkan kalkulasi masif yang dibutuhkan untuk menstimulasi sebuah otak dengan menggunakan sebuah PC standar, ketimbang harus menggunakan supercomputer yang mahal. [ikh]

sumber

No comments:

Post a Comment